Jumat, April 27, 2012

1 Bagaimana cara ternak ikan guppy

Bagaimana cara ternak ikan guppy?

bagaimana cara merawat ikan guupy n black molly agar dpt berkembang biak?
Bagaimana agar ikan trsbt tidak mati?
Bagaiman cara merawat anak ikan tersbt?
Ciri2 ikan itu mw beranak?
Guppy:
Kalau mau diternakan, pertama pilih satu jantan dan 2 betina lalu ditaruh di akuarium terpisah biarkan selama seminggu (lebih lama juga boleh, dibiarin terus juga nggak apa-apa asalkan tau ciri-ciri akan segera beranak), ditunggu aja, kalau yang betina perutnya sudah membulat (lebih baik ikan betina dilihat dari atas agar ketahuan bulatnya), gravid spotnya sudah hitam, biasanya jalur keluarnya anak ikan sudah turun, kalau sudah turun, tampaknya begini:
Disekitar anus ikan, bisa terlihat ada jalur yang turun, sehingga menyebabkan bagian anus ikan terlihat mirip kotak (menyudut).
Kalau ciri diatas sudah keluar, cepat-cepat pisahkan jantannya. Kalau yang betina badannya sudah bulat sekali, kurang dari seminggu, anak ikannya akan lahir. Kalau ikan betinanya sedang dalam proses melahirkan, sebaiknya jauhi akuarium tempat dia beranak, soalnya, dia nggak bakal mau keluarin anaknya kalau terus-terusan dipelototin manusia. Setelah proses beranak selesai, pisahkan induknya, biar anaknya nggak dimakan. Tapi ada kemungkinan setelah melahirkan induknya mati, hal ini normal (Seperti dulu, kalau wanita melahirkan kan kemudian meninggal karena melahirkan itu bertaruh nyawa, 'kan)
Kalau anak ikan, pasti akan banyak yang mati, walaupun sudah diusahakan keras. Soalnya, mereka itu kondisinya nggak pas sedikit aja bakal keder. Sebaiknya akuarium anak ikan diberi airator agar ada suplai oksigen. Untuk 3-5 hari pertama mulutnya kan masih kecil, jadi belum bisa diberi makan kutu air, jadinya kalau aku sih biasanya kukasih aja susu bubuk atau kalau mau, anak guppy diberi makan infusoria. Tapi kalau 2 hari pertama kasih makan nggak usah banyak-banyak, soalnya cadangan makanan berupa kuning telur dari tubuh induknya masih ada, jdi mereka makan dari situ, kuning telurnya juga bisa kita lihat dengan mata telanjang, pelototin dan fokus terhadap perut anak ikan, nanti kelihatan, kuning-kuning begitu. Infusoria bisa kita buat, caranya:
- Rebus sedikit kentang (dibagi jadi kurang lebih 6 potong, tapi yang akan digunakan untuk membuat infusoria sepotong saja) secara ringan (tingkat kematangannya)
- Siapkan sebuah toples (yang muat dimasuki kentang) yang diisi air dari akuarium (akuarium utama)
-Cemplungkan kentang ke toples berisi air itu
-Tunggu selama satu minggu (biarkan toplesnya menyentuh udara luar)
-Setelah 1 minggu, lihat air di toples itu, kalau kelihatan buram, artinya infusorianya sudah ada, berikan ke anak ikan

Pembuatan infusoria ini sebaiknya dilakukan seminggu sebelum membiakkan guppy. Kalau anak ikannya sudah agak besar, baru bisa diberi makan kutu air. Kalau diberi kutu air, pertumbuhan anak ikannya akan pesat, anak ikan molly saya setelah mengonsumsi kutu air selama 3 hari langsung bertumbuh lebih besar. Kalau anak guppy diberi makan kutu air, perkembangannya kan lebih pesat, jadi usianya 3 bulan sudah bisa digabungkan dengan ikan dewasa. Tapi kalau anak guppy tidak diberi pakan hidup, pertumbuhannya akan lambat sekali, kalau tidak mau memberi pakan hidup, ukur sendiri, kalau tubuh anak guppy sudah cukup besar untuk tidak termakan ikan dewasa, okelah boleh digabungkan. Semoga berhasil dengan ternak ikannya.

NB:
Maaf, kalau molly saya tidak tahu, mohon maaf yang sebesar-besarnya, ya.... (anak molly yang saya ceritakan diatas, itu lahir karena sejak saya beli induknya memang induknya itu sudah siap melahirkan, sudah ada anaknya, tinggal menunggu dilahirkan)

materi referensi:

Buku "Mini Encyclopedia of Tropical Aquarium" untuk infusorianya

1 komentar:

ema nitasyari mengatakan...

ikan guppy sudah banyak jenis persilangannya dan indah indah hasilnya, sip deh, makasih dan salam kenal dari Halra