Jumat, April 27, 2012

0 Cara membudidayakan ikan Cupang

 
Cupang (betta sp), adalah ikan air tawar yang habitat aslinya berada di beberapa negara asia tenggara. antara lain Indonesia, Thailand, Vietnam, dll.
Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik. Serta cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Ada tiga golongan ikan cupang yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari :
1. cupang hias
2. cupang aduan
3. cupang liar

Cupang asli Indonesia antara lain, betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.
Karena jenis cupang hias dan cupang aduan sangan diminati oleh banyak orang, dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana budidaya ikan cupang dengan baik.

1. pilihlah bibit ikan cupang yang bagus untuk dijadikan induk dalam tahap awal pembudidayaan cupang.

2. tempatkan sepasang ikan cupang jantan dan betina dalam satu tempat yang sedikit luas agar pergerakan ikan tidak terbatasi dan tidak membuatnya stres dalam proses perkawinan.

3. makanan yang baik untuk ikan cupang adalah cacing sutra. namun ada juga makanan lain yang dapat kita berikan dalam budidaya ikan cupang yaitu jentik nyamuk dan yang satu lagi jika dalam bahasa palembang biasanya disebut "kutu banyu" binatang air atau mungkin kumpulan larva yang hidupnya berkelompok. sering ditemui di selokan2.

4. apabila si cupang mengalami stres atau kerusakan pada ekor atau siripnya, masukan daun ketapang kedalam tempat ikan tersebut. daun ketapang berkhasiat mengembalikan daya tahan tubuh ikan cupang dan mempercepat pertumbuhan kembali/ perbaikan bagian tubuh cupang yang rusak. sama seperti cupang aduan, masukkan cupang yang selesai di adu kedalam rendaman air daun ketapang guna mengobati luka2 atau kerusakan di tubuh cupang setelah diadu.

5. apabila telah terdapat gelembung-gelembung kecil dengan benda berbentuk bulat kecil putih didalamnya, berarti ikan cupang telah bertelur. Agar telur tidak rusak pindahkan induk ikan ketempat berbeda. Induk cupang terkadang bisa memakan telurnya sendiri. Dan biarkan ikan jantan yang menjaga dan membuahi telur -telurnya.


6. bila telur telah menetas, satukan kembali induk ikan kedalam tempat yang sama, dan pindahkan ikan jantan ketempat yang berbeda.

7. apabila anak-anak ikan cupang sudah berumur sekitar 2 sampai 3 minggu atau telah mampu berenang dengan baik dan mampu makan sendiri, pisahkan induknya. Namun jangan digabungkan kembali dengan ikan jantannya.

8. untuk makanan anak-anak cupang, kita dapat memberikan cacing sutra. Namun sebelum diberikan potong- potong dahulu terlebih dahulu agar anak cupang mampu memakannya.

9. bila cupang telah berumur 1 atau satu setengah bulan, atau mulai kelihatan warna dan jenis kelaminnya, beri makan ikan seperti biasa saja, karena anak-anak cupang sudah memiliki kemampuan untuk makan sendiri.

10. apabila anak-anak cupang tadi telah berumur 2 bulan, pisahkan cupang jantan dan cupang betina. lalu pisahkan lagi masing-masing cupang jantan, agar menghindari anak-anak cupang beradu satu sama lain.

Budidaya ikan cupang anda siap di kembangkan. semoga sukses! :)

** untuk cupang hias atau adu prosesnya sama saja.

note : Mohon saran, masukkan, serta penilaian terhadap tulisan ini, agar lebih baik lagi pada tulisan berikutnya. terima kasih

0 komentar: