Jumat, April 27, 2012

3 Cara membudidayakan ikan guppy dengan persilangan

 

1. CARA MEMBUDIDAYA IKAN GUPPY Dari : Zona Creatiff

2. TUJUAN PERKAWINAN SILANG Agar didapatkan jenis yang berbeda dari indukkan Untuk membuat ikan guppy dapat laku di pasaran Agar benih yang didapat lebih sempurna dari induknya Dan dapat membuat ikan tersebut menjadi mempunyai corak yang indah

3. JENIS IKAN GUPPY guppy full red guppy black moscow guppy half red

4. ALAT-ALAT : Ganggang Serabut kelapa/Ijuk kelapa Eceng gondok Terpal

5. LANGKAH PERTAMA Terlebih dahulu pilih indukkan yang sudah berumur 2 bulan, pilih indukkan dari berbagai jenis ikan guppy yang dimiliki dengan perbandingan 1 : 3.

6. LANGKAH KEDUA Kemudian semua indukkan tersebut di satukan dalam satu kolam yang sama agar benih-benih ikan guppy menjadi berbeda dari induknya, karena anakkan tersebut hasil dari persilangan.

7. LANGKAH KETIGA Biarkan selama 2 hari, apabila dalam dua hari terdapat benih-benih ikan berarti proses perkawinan silang terjadi dengan sempurna, kemudian benih-benih tersebut di pisahkan dari indukannya agar tidak terjadi kanibalisme antar induk dengan benih-benih tersebut.

8. LANGKAH KEEMPAT Setelah dipisah dari indukkan, indukkan selanjutnya dikarantina ke kolam yang lain agar proses penyembuhan setelah melahirkan dan untuk mengembalikkan tenaga indukkan yang baru di kawinkan.

9. LANGKAH KELIMA Setelah benih berumur 1 minggu beri makan dengan kutu air dan setelah berumur 1 bulan pindah ke kolam tenah, agar ikan guppy mendapat tambahan makanan dari plankton yang ada di kolam tanah, dan untuk makanan pelengkap beri ikan guppy dengan pelet.

10. LANGKAH KEENAM Lakukan perkawinan silang tersebut berulang-ulang agar mendapatkan jenis terbaik yang diinginkan, apabila benih yang dihasilkan mempunyai badan yang besar dan mempunyai ekor yang panjang, maka itu merupakkan hasil yang terbaik.

11. TERIMA KASIH DAN SILAHKAN MENCOBA

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Cara menyilangkan ikan platy gimana??
Itu misalnya semua jenis platy bisa dihamilin lalu setelah dipilih betina dan jantan lalu mereka dipisahkan gitu??

Unknown mengatakan...

Cara menyilangkan ikan platy gimana??
Itu misalnya semua jenis platy bisa dihamilin lalu setelah dipilih betina dan jantan lalu mereka dipisahkan gitu??

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.